• Web
  • Blog Ini
  • Saturday, July 7, 2012

    Kemarahan Remaja : Normal atau Kelainan ????

    Remaja identik dengan masa muda yang labil. Karena perubahan hormon, emosi yang dirasakan remaja sering naik turun dan melonjak. Begitu juga dengan kemarahan mereka. Remaja yang sering marah biasanya dianggap normal. Namun, bagaimana jika kemarahan mereka terkesan berlebihan dan tidak terkontrol? Apakah kemarahan itu masih bisa disebut normal?

    Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menunjukkan bahwa satu dari 12 remaja memiliki masalah dengan kemarahan yang terlalu ekstrem. Peneliti mengatakan bahwa kemarahan ekstrem yang dimiliki 8% remaja itu bisa dikategorikan sebagai kelainan.

    "Mengagetkan, karena ternyata kelainan ini cukup wajar dialami oleh remaja," kata penulis penelitian ini, Ronald Kessler, pada Boston.com.

    Bagaimana cara membedakan kemarahan biasa dan 'kelainan' kemarahan pada remaja? Peneliti menunjukkan bahwa kemarahan yang merujuk pada kelainan biasanya berkaitan dengan kemarahan ekstrem dalam bentuk tindakan agresif yang berkelanjutan.

    Hampir 2/3 dari remaja pernah mengalami kemarahan yang berlebihan hingga mereka mampu merusak barang-barang, berlaku kejam, atau melakukan penganiayaan.

    Penelitian yang dilakukan pada 10.000 remaja mulai tahun 2001 - 2004 ini juga menemukan bahwa remaja laki-laki dua kali lebih rentan terkena kelainan ini dibandingkan remaja perempuan.

    Berdasarkan NY Daily News (05/07), peneliti menganggap bahwa kelainan yang berkaitan dengan amarah ini masih jarang dipelajari dan seringkali diremehkan. Mereka berencana melakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini, dan akan mengklasifikasikan jenis-jenis kemarahan yang bisa digolongkan menjadi kelainan.

    Para orang tua sebaiknya mengawasi anak-anak mereka yang beranjak remaja. Berhati-hatilah ketika anak Anda mulai menunjukkan kemarahan yang terlihat tidak wajar.

    sumber www.merdeka.com,reviewer ; bang mul

    No comments:

    Post a Comment

    Mohon tinggalkan komentar sebagai rasa persahabatan terima kasih banyak