• Web
  • Blog Ini
  • Monday, July 16, 2012

    Tips ; Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

    Pekerjaan dan gaya hidup sering kali membuat mata jadi stres dan tegang. Menatap layar komputer selama berjam-jam merupakan salah satu penyebabnya. Tetapi ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa mengatasi mata lelah.

    Mata adalah salah satu indera yang memiliki fungsi penting dan berharga. Jika seseorang sudah mengalami mata lelah maka kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan penglihatanya serta menurunkan kinerja.

    Mata lelah umumnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, faktor lingkungan seperti stres di tempat kerja, rumah atau keadaan bising. Faktor pola makan, kurang asupan air dan beberapa vitamin seperti vitamin B12, D dan K, dan keturunan dan fisiologi, faktor genetik.

    Meski begitu ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata lelah, seperti dikutip dari ezinearticle, yaitu:

    1. Mengedip
    Biasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 menit kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Akibatnya, mata terbuka lama dan mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah.

    2. Gerakan Mata
    Anda bisa menghindari ketegangan pada mata dengan menggerakan bola mata dan mengalihkan fokus secara teratur. Terlalu lama menatap sesuatu --terutama layar komputer-- bisa membuat kemampuan mata menurun.

    3. Melatih Pernapasan
    Hal ini penting karena 30% dari udara yang kita hirup masuk untuk memberi 'makan' pada sistem penghilatan. Lakukan pernapasan yang berirama. Tidak hanya membuat mata lebih rileks, seluruh tubuh juga ikut santai. Fokus ada objek jauh, merupakan salah satu cara melepaskan ketegangan mata.

    4. Postur Tubuh Tepat
    Postur duduk yang tidak tepat seringkali dihubungkan dengan penglihatan yang buruk dan ketegangan pada beberapa area tubuh seperti, bahu, leher, dada dan wajah. Postur duduk yang tepat dan melakukan relaksasi secara terarur dapat membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh lancar

    sumber www.waspada.co.id, reviewer;bang mul

    No comments:

    Post a Comment

    Mohon tinggalkan komentar sebagai rasa persahabatan terima kasih banyak