• Web
  • Blog Ini
  • Monday, August 27, 2012

    Tahukah anda ??? Konsumsi Garam Aman Untuk Kesehatan

    Jakarta - Penggunaan garam dalam masakan sudah menjadi perbincangan yang kontroversial. Namun Anda tak perlu takut lagi memakainya. Sebuah penelitian di Eropa berhasil menyimpulkan bahwa konsumsi garam tidak berbahaya dan justru bermanfaat untuk kesehatan.

    Studi ini memang bertentangan dengan American Medical Association, American Heart Association and the Center for Disease Control and Prevention. Yang mengatakan bahwa konsumsi tinggi natrium dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

    Para peneliti mempelajari 3.681 responden setengah baya di Eropa yang tidak memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Responden dibagi menjadi tiga kelompok, rendah garam, konsumsi garam sedang dan konsumsi tinggi garam.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi 50 angka kematian dari kelompok rendah garam, 24 angka kematian dari kelompok responden konsumsi garam sedang dan sebanyak 10 angka kematian pada kelompok konsumsi tinggi garam.

    Selain itu, resiko penyakit jantung pada kelompok responden konsumsi rendah garam 56 % lebih tinggi dibanding lainnya. Karena hal ini, para peneliti menyimpulkan bahwa dengan konsumsi sedikit garam semakin besar juga kemungkinan mereka meninggal karena penyakit jantung.

    “Tidak ada perbedaan bahwa tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko penyebab penyakit jantung dan stroke. Dan konsumsi garam juga tidak memiliki efek buruk bagi setiap orang, meskipun tidak ada perbedaan pada jenis garam.” ujar penulis penelitian Dian Griesel, Ph.D. dan Tom Griesel.

    sumber www.detik.com, reviewer; bang mul

    No comments:

    Post a Comment

    Mohon tinggalkan komentar sebagai rasa persahabatan terima kasih banyak