• Web
  • Blog Ini
  • Saturday, September 15, 2012

    Jokowi ingin bangun sekolah unggulan di pinggiran Jakarta ???

    Jokowi ingin bangun sekolah unggulan di pinggiran Jakarta

    Calon gubernur DKI, Joko Widodo mengatakan bahwa anggaran pendidikan untuk DKI Jakarta sangatlah besar. Untuk itu jika terpilih menjadi gubernur dirinya akan melakukan perombakan dalam manajemen alokasi dana pendidikan.

    "Harusnya uang yang segitu bisa berbuat banyak. Misalkan fasilitas sekolah dilengkapi, laboratorium, infrastruktur, gedung, tata ruang sekolah, dan ruang interaksi. APBD untuk pendidikan di DKI itu tidak gede tapi guede buanget," kata Jokowi saat ditemui di gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9).

    Dijelaskan Jokowi, dana pendidikan DKI saat ini mencapai Rp 9,8 triliun dan dia menilai ini adalah dana yang sangat besar. "Angka Rp 9,8 triliun itu besar sekali loh. Saya pegang yang satu wali kota selama 5 tahun saja Rp 3,5 triliun," tuturnya.

    "Surabaya yang sangat besar hanya Rp 4 triliun. Meskinya dengan angka Rp 9,8 triliun itu bisa berbuat lebih banyak. Manajemen pengelola anggaran perlu dirombak dan dibenahi," katanya.

    Jokowi menambahkan, anggaran pendidikan Jakarta sebesar Rp 9,8 triliun itu mestinya bisa meningkatkan angka kualitas pendidikan Jakarta. Bahkan, lanjut Jokowi, di wilayah-wilayah pinggiran harus ada sekolah-sekolah unggulan, sehingga semua orang tidak menuju ke pusat.

    "Artinya di sana ada sekolah berkualitas dari SD, SMP, SMA. Itu juga membuat kemacetan karena semua orang maunya ke pusat semuanya," katanya.
    Saat ini, untuk kualitas pendidikan yang ada di ibu kota dinilai belum berbanding lurus dengan dana APBD yang disediakan. Terkait program pendidikan gratis pun, dinilai Jokowi, jika belum terlalu berkualitas.

    "Kualitas pendidikan Jakarta yang dinilai belum terlalu berkialitas tidak ada kaitannya dengan pendidikab geratis. Sebab, jika gratis tapi kualitasnya rendah juga tidak bener atau percuma," ucapnya.

    Disamping itu, dirinya akan mencoba membuat rancangan di setiap daerah DKI untuk mengembangkan pendidikan berkualitas jika terpilih menjadi gubernur nanti.
    "Sekolahnya kan sudah ada, ini harus ada pilot project dulu, saya enggak mau langsung alokasi dana yang gede ini. Mungkin setiap wilayah ada dua tapi nanti bisa se-Jakarta," pungkasnya.

    sumber www.merdeka.com,reviewer; bang mul

    No comments:

    Post a Comment

    Mohon tinggalkan komentar sebagai rasa persahabatan terima kasih banyak