• Web
  • Blog Ini
  • Monday, June 11, 2012

    Festival-festival Unik di Dunia

    Setiap negara tentu memiliki festival menarik yang digelar rutin setiap tahun. Namun, tidak semua festival bersifat resmi, ada pula yang unik, lucu dan cenderung aneh.Yang pasti festival – festival tersebut bisa menjadi ciri khas sebuah tradisi bangsa itu sendiri dan pantas untuk dibanggakan selama masih dalam taraf yang wajar –wajar saja….sumber dari…travel.detik.com

    Inilah Festival - festival paling unik di dunia :

    1. Festival El Colacho, Spanyol

    elcolac

    Saat pertama kali mendengar namanya, pasti Anda bertanya-tanya apa yang aneh dengan festival ini. Festival El Colacho adalah festival yang rutin digelar di Desa Castrillo de Murcia, Burgos, Spanyol.

    Festival ini cukup aneh karena seorang pria dengan pakaian seram, diharuskan melompati anak bayi yang terbaring di kasur. Bayi yang dilompati haruslah bayi dengan usia 12 bulan atau satu tahun.

    Menegangkan, itulah kesan pertama yang ditangkap dari festival ini. Ternyata, Festival El Colacho memang sudah rutin dilaksanakan sejak 1620 dan selalu dilakukan pada bulan Juni. Maksud dari tradisi melompat ini ternyata untuk membersihkan bayi dari roh-roh jahat.

    2. Festival Roswell UFO, Meksiko

    ufo

    Festival unik lain yang bisa Anda kunjungi adalah Festival Roswell UFO di Meksiko. Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak festival seperti apa ini. Benar, Festival Roswell UFO adalah festival dimana pesertanya mengenakan pakaian layaknya alien. Kesan unik, lucu dan seram mewarnai setiap pengunjung datang.

    Festival UFO sengaja dirayakan rakyat Meksiko untuk mengenang jatuhnya sebuah objek misterius di sebuah peternakan di Roswell, New Meksiko. Ada yang beranggapan benda itu adalah piring terbang, ada juga yang mengatakan benda tersebut hanyalah sebuah balon udara. Tidak ada yang tahu pasti sampai sekarang.

    Untuk mengenang peristiwa ini, rakyat Roswell pun mengadakan Festival Roswell, dengan tema utama UFO. Festival ini berlangsung selama 3 hari, termasuk parade kostum dan talk show. Jika ingin melihat keunikannya, Anda bisa datang langsung ke Roswell pada tanggal 29 Juni-1 Juli 2012 mendatang.

    3. Parade Putri Duyung, AS

    putri duyng

    Ariel, sosok putri duyung yang cantik dan lembut hampir dikenal seluruh orang di dunia, tak terkecuali negara besar seperti Amerika Serikat. Bahkan, di negara ini rutin diadakan parade yang pesertanya diwajibkan mengenakan pakaian putri duyung.

    Parade Putri Duyung bisa Anda lihat di Pulau Coney, New York. Biasanya diadakan pada pertengahan hingga akhir Juni, atau pada awal musim panas. Dalam parade unik ini, Anda bisa melihat ada banyak wanita cantik jalan mengenakan pakaian putri. Parade unik ini pertama kali diadakan pada tahun 1983, dan sengaja diadakan untuk tujuan hiburan semata.

    4. Parade Perahu Kertas Oxford, Inggris

    Parade lain yang tak kalah seru adalah Parade Balapan Perahu Kertas. Parade ini cukup unik karena perahu yang digunakan terbuat dari kertas karton dengan bentuk yang lucu dan beragam.

    Parade ini rutin diadakan di Sungai Avon Tred di Oxford setiap tahun di bulan Juni. Dalam parade ini, peserta sengaja dituntut untuk membuat kapal kertas sekreatif mungkin. Nantinya, setiap tim yang terdiri dari satu keluarga, akan bersaing dalam beberapa kategori untuk memperebutkan berbagai hadiah menarik.

    Parade perahu kertas ini merupakan salah satu ajang kumpul keluarga, yang diselenggarakan oleh beberapa relawan lokal di Oxford, Inggris. Dalam parade ini, Anda tidak hanya akan disajikan pemandangan cantik dari perahu aneka bentuk, tetapi juga tingkah polah peserta. Kesibukan peserta dalam mempertahankan perahu agar tidak robek atau tenggelam, menjadi daya tarilk tersendiri yang mungkin menggelitik perut.

    5. Festival Perang Wine, Spanyol

    wini

    Batalla del Vino atau Perang Wine adalah hal yang rutin terjadi setiap tahun di kota kecil Haro, La Rioja, Spanyol. Haro sendiri adalah salah satu daerah utama di Spanyol yang menghasilkan anggur. Tak heran jika festival unik ini berlangsung di sana.

    Batalla del Vino biasa dilakukan penduduk Haro pada Hari Pesta Santo Petrus, tepatnya pada tanggal 29 Juni. Pada saat itu, jalanan akan dipenuhi dengan orang-orang yang membawa wine dalam plastik, atau wadah apapun yang bisa digunakan.

    Kemudian, coba tebak apa yang terjadi. Benar, mereka akan melemparkan wine yang dibawa kepada orang di sekitarnya. Tak hanya melempar, aksi saling semprot pun terjadi.

    Seru! Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Festival Perang Wine atau Batalla del Vino. Saat itu setiap orang akan kuyup karena disiram wine. Kemudian, seteah selesai saling siram, mereka akan berjalan menuju plaza di tengah kota, untuk menari tarian tradisional.

    6.La Tomatina 2012

    tomat

    La Tomatina adalah perkelahian makanan festival yang diselenggarakan pada hari Rabu terakhir bulan Agustus setiap tahun di kota Bunol dekat ke Valencia di Spanyol. Ribuan orang membuat jalan mereka dari segala penjuru dunia untuk berperang di 'Food Fight Terbesar di Dunia' ini di mana lebih dari seratus metrik ton tomat over-matang dibuang di jalanan.
    Dari 20.000 sampai 40.000 orang datang ke laga ini tomat besar, sangat memperluas biasa Bunol itu 9.000 orang penduduk. Ada akomodasi terbatas untuk orang yang datang ke La Tomatina, begitu banyak orang mengambil pilihan yang lebih mudah tinggal di Valencia dekat hanya 38km untuk Bunol dengan bus atau kereta. Dalam persiapan untuk kekacauan kotor yang akan terjadi, penjaga toko menggunakan penutup plastik besar di depan toko-toko mereka untuk melindungi mereka dari pembantaian itu.Tomat dibawa ke pusat kota, Plaza del Pueblo. Tomat berasal dari Extremadura, di mana mereka lebih murah.

    7. Gerebeg Mulud

    grebeg

    Dalam bahasa Jawa, “gerebeg” berarti “kerumunan orang” dan Mulud mengacu pada salah satu bulan dalam Kalender Jawa. Acara ini, yang juga dikenal sebagai Sekaten, adalah event perayaan ulang tahun Nabi Muhammad. Ini adalah prosesi sehari penuh dengan mengeluarkan dua gamelan sakral (alat musik Jawa) yang dibawa menuju Mesjid Agung.

    Pada malam-harinya akan diadakan pasar rakyat di sisi utara kota yang menambah semaraknya event ini, lokasi ini merupakan tempat yang bagus untuk mencoba berbagai makanan khas Jawa dan Yogyakarta dan berburu souvenir.

    8.Festival Oktoberfest Inggris

    okto

    Oktoberfest adalah salah satu festival paling terkenal di dunia.Dan kalau kita bicara tentang festival bir, festival ini merupakan salah satu terbesar di dunia.Oktoberfest di Munich, secara tradisional, berlangsung selama enam belas hari termasuk didalamnya minggu pertama di bulan Oktober. Pada tahun 2009, festival ini berlangsung dari 19 September-4 Oktober.
    Ada lebih dari enam juta orang yang ditunggu untuk menghadiri acara ini. Festival ini akan berlangsung selama sekitar 2 minggu

    2 comments:

    1. mantaap dari indonesia juga tercatat,,,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. jakarta kapan ga macet.....rajanya macet.....sob
        jdi turis ogah gerah...thanks dah mampir...

        Delete

    Mohon tinggalkan komentar sebagai rasa persahabatan terima kasih banyak